468x60 Ads

Rumah Mbesaran PG Jatibarang

Mbesaran berasal dari kata “Besar-an” yang artinya besar ( Rumah Besar ) sehingga masyarakat sekitarnya menyebutnya dengan nama “Mbesaran”. Indahnya pepohonan yang hijau dihalaman Rumah Mbesaran menambah keindahan dan kedamaian bagi yang menikmati serta mengunjungi Rumah Mbesaran ini. Rumah Mbesaran terletak di tengah-tengah Desa Jatibarang yang mayoritas masyarakatnya adalah Muslim, serta menjadi salah satu asset Negara yang tetap terpelihara hingga hingga anak cucu.

Memang tidak banyak informasi mengenai kapan berdirinya rumah tempat tinggal Administratur atau yang kita kenal dengan Rumah Mbesaran, namun dengan melihat konstruksi dan arsitektur rumahnya bisa kita simpulkan bahwa Rumah Mbesaran adalah peninggalan Belanda dimana pada jamannya Rumah Mbesaran ditempati oleh Pimpinan Pabrik Gula dan Pimpinan Keamanan pada saat itu.

Kita tahu bahwa Pabrik Gula Jatibarang berdiri pada tahun 1842 oleh NV. MIJ TOT EXPLOITILE DER SURKER ONDERNEMING paling tidak Rumah Mbesaran juga didirikan sekitar tahun-tahun tersebut. Dari tahun ketahun rumah Mbesaran ditempati oleh Administratur (Pimpinan Pabrik Gula) beserta keluarga dari mulai Pemerintahan Belanda hingga saat penyerahan pabrik gula dari Pemerintahan Belanda kepada Pemerintahan RI pada tahun 1957. Hingga tahun 2009 masih ditempati oleh Administratur namun di tahun 2010 Rumah Mbesaran sudah tidak ditempati oleh Administratur karena dirasa terlalu besar dengan kondisi saat ini. Sehingga Administratur pada saat itu yakni Bpk. Ir. Djoko Wahjoediono mengambil kebijakan untuk tidak menempati rumah Mbesaran dan Rumah Mbesaran dijadikan sebagai Tempat Wisata dan dijadikan Museum agar kelestariannya tetap terjaga hingga anak cucu.

Rumah mbesaran menghadap ke Timur dan terdiri dari beberapa ruangan yaitu :

Teras depan, sebagai tempat duduk di teras yang juga biasa untuk menerima tamu serta guna mengawasi jalannya Pabrik Gula dari teras Mbesaran.

Ruang Tamu, dimana ruangan tersebut juga digunakan untuk menerima tamu baik tamu perusahaan maupun tamu pribadi serta digunakan untuk mengadakan rapat-rapat dengan nuansa yang berbeda dari tempat lain, sehingga berkesan tidak membosankan.

Ruang Tengah, digunakan sebagai ruang keluarga atau jamuan keluarga pada saat-saat acara tertentu serta dapat pula digunakan sebagai acara-acara kegiatan kantor/Dinas.

Teras Belakang, sebagai tempat bersantai dan relak bersama keluarga atau yang ingin dalam kesendirian dalam beraktivitas sambil memandang dan menikmati rindangnya pepohonan di area belakang Rumah Mbesaran.

Kamar tidur, ada empat kamar tidur yang dibagi dua yakni dua kamar di sebelah Utara dan dua kamar disebelah Selatan. Sebelah Utara sebelumnya ditempati oleh Administratur bersama keluarga dan yang disebelah Selatan digunakan untuk tamu-tamu yang menginap sementara karena Dinas. Ruangan Kamar tidur juga dilengkapi dengan ruang kerja serta kamar mandi pribadi.

Air mancur yang terletak didepan rumah Mbesaran menambah keindahan serta gemericiknya air yang indah.

Mbesaran dikelilingi oleh halaman yang sangat luas, kita bisa dengan leluasa memandang indahnya serta hijaunya area mbesaran dan indahnya kicauan burung-burung dipagi hari. Suasana yang sunyi tidak bising menambah kenyamanan kita untuk menikmati suasana yang penuh sensasi dan berkesan Tempoe Doeloe sehingga kita bisa mengingat kenangan-kenangan indah bersama keluarga.

Selamat menikmati.

PHOTO GALERY RUMAH MBESARAN



Sameera ChathurangaPosted By Admin Agrowisata Besaran Hijau

Terima kasih atas kesetiaan anda dalam mengunjungi website ini, jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan Kontak kami

Terima kasih